Sabtu, 30 Mei 2015

Contoh Proposal Pendirian Radio Komunitas (Radio Komunitas Suara Pesantren)



A.    Latar Belakang
Media radio siaran merupakan salah satu media massa elektronik yang terbukti efektif dalam meningkatkan penyampaian arus informasi dan komunikasi di masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Lamongan.
Kabupaten Lamongan memilki beragam potensi daerah yang menarik  sekaligus berpeluang menjadi daerah strategis pariwisata dan pengembangan budaya yang patut dikembangkan. Disamping itu Kabupaten Lamongan juga terkenal dengan Kota pendidikan. Terdapat lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. Pendidikan formal seperti sekolah-sekolah baik swasta maupun negeri, non formal seperti pondok pesantren. Kabupaten Lamongan juga terkenal dengan memiliki pondok pesantren paling banyak dibandingkan dengan daerah lain. Terutama pondok pesantren yang terletak di kawasan pantai utara.

Penyampaian informasi dunia dan daerah sekitar sangat perlu bagi para siswa dan santri, sehingga selain mereka memperoleh ilmu di dalam kelas maupun pondok juga memperoleh pengetahuan umum untuk bekal memahami perkembangan yang tentunya dapat membantu berkembangnya pola pikir mereka.
Salah satu bentuk partisipasi kongkrit kami dalam rangka membuka wawasan dan cakrawala dunia dalam penyampaian informasi yang bermanfaat bagi masyarakat  Lamongan khususnya para pelajar sekolah  dan santri maka RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN yang berada di frekuensi 107,7 FM berkedudukan dan beralamat di Jalan KH. Musthofa Kranji Paciran Lamongan Jawatimur bermaksud  menjadi media dan sarana masyarakat Kabupaten Lamongan pantura dalam rangka menjadikan media radio ini sebagai wadah apresiasi terhadap kegiatan keagamaan (religi) masyarakat  Lamongan.



B.     Manajemen Produksi
1.      Riset Khalayak
Salah satu indikator keberhasilan stasiun radio adalah banyaknya jumlah masyarakat yang mendengarkan radio tersebut. Oleh karena itu, penentuan segmentasi khalayak akan sangat penting perannya agar stasiun radio terkait dapat menampilkan atau menyiarkan program-program yang diminati dan diinginkan oleh pendengar.

a.       Segmentasi
Secara umum RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM melakukan segmentasi berdasarkan usia. Segmentasi tersebut adalah program untuk remaja (15-19 tahun), dewasa (20-39 tahun), dan orang tua (40 tahun ke atas). Penentuan segmentasi yang seperti ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, yaitu pertama: kemudahan dalam pembuatan program. Kedua, cakupan khalayaknya tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas. Tiga, kemudahan dalam mendapatkan umpan balik.    Namun, selain segmentasi yang berdasarkan usia juga dilakukan segmentasi berdasarkan hal-hal lainnya, diantaranya adalah jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan status sosial.

1)      Demografi
a)      Berdasarkan usia, RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM segmentasi  pendengar dari kalangan usia dewasa (20-39 tahun).
b)      Berdasarkan pendidikan, RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM sebagian besar adalah kalangan berpendidikan yaitu >50% adalah SMU dan Akademi.
c)      Berdasarkan jenis kelamin, pendengar RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM adalah pria dan wanita.
d)     Berdasarkan pekerjaan, pendengar RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM adalah para pelajar dan mahasiswa.
e)      Berdasarkan status sosial ekonomi, pendengar RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah.
2)      Geografi
Secara geografi jangkauan siaran RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM adalah wilayah pantura yang meliputi Lamongan utara, gresik, tuban.
3)      Psikografi
Pada umumnya masyarakat yang menjadi sasaran adalah yang memiliki minat besar terhadap pengetahuan keagamaan. Mengingat masyarakat pantura memiliki kehidupan agamis yang kental.
b.      Positioning
Positioning RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM adalah Radio Edureligy (pendidikan keagamaan).

C.    Formatting dan Programming
1.    Format Siaran
a.    Informasi
b.    Hiburan/musik religi
c.    Edutainment
d.   Talk show
e.    Infotainment
2.    Program Radio
a.    Berita Ringan (soft news): merupakan kemasan acara program siaran yang mengetengahkan acara berita ringan seputar kegiatan keagamaan, baik itu berita ringan nasional maupun lokal daerah;
b.    Informasi: merupakan bentuk acara siaran informasi secara umum (bidang ekonomi, politik, lingkungan hidup, seni tradisional / kontemporer, olahraga dan kesehatan, IPTEK, hukum, dunia sekolah dan dunia hiburan / umum);
c.    Talk Show: merupakan acara interaktif antara para pelajar santri dan para ahli di bidang ilmu agama Islam yang dikemas secara ringan dan terarah;
d.   Dialog Interaktif : merupakan ajang untuk penyampaian ide dan juga gagasan para peserta dialog  mengenai permasalahan yang sedang hangat baik antar peserta dialog maupun dengan para pendengar. Acara debat ini membahas tema tentang kondisi, situasi, perkembangan, wawasan, informasi mengenai perkembangan keagamaan umat Islam Indonesia dimata masyarakat sekarang ini.
e.    Musik Religi: merupakan acara hiburan yang menyuguhkan berbagai macam musik   Islami  (Shalawatan, Qosidahan, Band Religi dsb) yang dikemas dengan acara request, quiz, dsb;

D.    Radio Style
Radio KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM memilki gaya penyiaran sendiri atau yang disebut radio siaran style, yaitu santun menyejukkan.

E.     Manajemen Administrasi dan SDM
1.      Job Qualification
a.       Program Director        
-       S1 Manajemen Komunikasi
-       Disiplin
-       Menguasai keadministrasian
-       Mampu berbahasa inggris aktif
-       Memiliki integritas
-       Usia maksimal 35 tahun   
-       Laki-laki           
b.      Penyiar 
-       Memiliki suara bagus
-       Kemampuan komunikasi verbal baik
-       Disiplin
-       Pengetahuan umum baik
-       Memiliki integritas
-       Usia maksimal 30 tahun
-       Wanita                                    
c.       Scriptwriter      
-       Dapat membuat teks siaran radio
-       Menguasai komputer
-       Disiplin
-       Memiliki integritas
-       Usia maksimal 30 tahun
-       Pria/wanita                       
d.      Reporter  
-       Energik
-       Disiplin
-       Dapat menyusun dan mengolah berita
-       Memiliki komunikasi verbal baik
-       Memiliki kendaraan motor
-       Pria/wanita
-       Usia maksimal 30 tahun
e.       Promotion
-       Memiliki kemampuan marketing
-       Disiplin
-       Menguasai komputer
-       Laki-laki
-       Usia maksimal 30 tahun      
f.       Humas    
-       Memiliki kendaraan motor
-       Sehat jasmani
-       Kemampuan komunikasi verbal baik
-       Laki-laki
-       Usia maksimal 30 tahun                 
2.      Job Description
a.       Program Director
-       Mengatur schedul siaran radio
-       Membuat program radio
-       Menentukan penyiar yang sesuai                     
b.      Penyiar   
-       Memandu program acara siaran
-       Mengatur teknis siaran
-       Menentukan lagu siaran                                 
c.       Scriptwriter   
-       Menulis naskah siaran
-       Menentukan penyiar                          
d.      Reporter  
-       Menggali berita yang update
-       Melaporkan dan merangkum berita                             
e.       Promotion   
-       Membuat iklan tentang radio
-       Mendesain interior ruangan radio                            
f.       Humas   
-       Menjalin hubungan dengan intansi terkait
-       Menjaga hubungan baik dengan masyarakat
-       Mengadakan event menarik    
3.      Salary
a.    Program Director
3 juta perbulan
b.    Penyiar   
1,5 juta perbulan
c.    Scriptwriter  
2 juta perbulan 
d.   Reporter
1,5 juta perbulan 
e.    Promotion  
2 juta perbulan 
f.     Humas   
2 juta perbulan
4.      Rekruitment SDM
1.    Membina dan melatih anggota komunitas dengan pembekalan yang nyata mengenai sistem kerja di sebuah radio siaran.
2.    Membina dan melatih calon pengurus dari Pelajar dari tingkat SMA dan Mahasiswa untuk direkrut menjadi pengurus stasiun radio yang professional.
3.    Menyeleksi calon-calon anggota untuk ditempatkan sebagai pengurus pelaksana siaran radio di RADIO KOMUNITAS SUARA PESANTREN 107,7 FM dangan kriteria-kriteria menjadi seorang pengurus sesuai dengan rencana.
4.    Mengadakan training-training  yang berhubungan dengan penyiaran yang diharapkan mampu mengisi kebutuhan dalam manajemen siaran radio komunitas.
5.    Bekerjasama dengan pemerintah daerah guna membantu peningkatan sumber daya manusia baik itu di bidang penyiaran mapun di bidang manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar